5 Komunitas Jepang Yang Paling Terkenal Di Jakarta

Keren! Gabung Yuk!!


Dari hari ke hari, semakin banyak jenis komunitas yang berkembang pesat di Indonesia. Suatu komunitas lebih sering tercipta karena adanya kesamaan visi dan misi dari beberapa orang yang memiliki hobi yang sama. Contohnya, untuk mereka yang suka olah-raga tertentu, mereka menciptakan tim olah-raga sendiri sebagai komunitas mereka. Untuk mereka yang menyukai dunia hewan, mereka menciptakan sendiri komunitas mereka sebagai wadah untuk saling bertukar informasi. Berikut 5 komunitas Jepang yang paling terkenal di Jakarta. Cekidot..

1. Otaku Jakarta

Credit

Bagi kalian yang belum paham maksud dari kata Otaku, otaku merupakan sebuah istilah dari Bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang benar-benar menekuni hobinya. Sejak tahun 90’an istilah otaku sudah mulai menyebar di berbagai negara untuk menjadi identitas bagi para pecinta subkultur Jepang seperti anime dan manga.

Komunitas yang satu ini berawal dari sebuah social media facebook yang menyediakan berbagai macam hal yang menyangkut anime, manga, cosplay, J-Music, dan jadwal event kebudayaan Jepang di Jakarta.

2. Saillor Moon Indonesia

Credit

Komunitas Sailor Moon Indonesia digagas oleh Haninda Nugroho pada tanggal 5 Agustus 2014, komunitas ini hadir sebagai wadah bagi para pecinta hal-hal yang berbau Sailor Moon. Komunitas ini dibuat sebagai sarana bertukar cerita tentang Sailor Moon sembari flashbcak ke era 90’an, sharing mengenai merchandise Sailor Moon, cosplay Sailor Moon, dan masih banyak lagi.

3. Komunitas Cosplay Jakarta

Credit

Komunitas yang sering kali menghadiri acara-acara event kebudayaan Jepang ini, sekarang memiliki anggota sekitar 7200. Banyak bukan? Jumlah tersebut termasuk anggota aktif berkumpul maupun yang melalui dunia maya saja. Di akun facebook, mereka berinteraksi satu sama lain. Dalam berbagai event cosplay tanah air mereka selalu mengikuti. Bahkan setiap tahunnya, Cosplay Jakarta mengirimkan perwakilan untuk ke World Cosplay Summit.

4. Community of One Piece Fans Indonesia

Credit

Comunitas of One Piece Indonesia atau yang sering disebut COPFI ini hadir sebagai ajang berkumpulnya para pecinta One Piece di Indonesia. Pada awalnya komunitas ini hanya berupa fanpage yang menyajikan informasi yang berhubungan dengan One Piece. Saat ini komunitas COPFI sudah cukup berkembang di beberapa kota di Indonesia seperti Jogja, Surabaya, Makassar, Medan, dan masih banyak lagi.

5. Komunitas Pecinta Anime Jakarta

Credit

Komunitas Pecinta Anime Jakarta atau yang sering disebut KOPAJA ini unik kan? Dari namanya saja sudah unik, Jakarta terkenal dengan bus kopaja yang banyak sekali dan singkatannya juga memakai nama kopaja. komunitas ini membagi anggota-anggotanya dalam beberapa divisi sesuai bidang masing-masing.

Seperti Divisi Manga bagi mereka yang memiliki minat dan skill membuat manga, Divisi Literatur bagi yang prefer ke karya tulis, Divisi Musik untuk mereka yang menyukai dunia musik Jepang, dan Divisi Cosplay untuk para anggota yang hobi bergelut dengan cosplay. Tidak hanya gathering, komunitas yang satu ini pun sering kali sukses dalam menggelar suatu event seperti Kopa Japan Festival dan HiLO Teen Artivity Cosplay Competition yang selalu tidak lepas dari unsur pop culture Jepang.

Jadi gimana sob? tertarik untuk gabung dengan mereka?

See You ^^

What's Your Reaction?

marah marah
0
marah
benci benci
0
benci
suka suka
2
suka
sedih sedih
0
sedih
wow wow
1
wow
senang senang
1
senang
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals