10 Jenis Usaha Kuliner Yang Paling Laku

Memulai usaha kuliner dengan modal kecil


Usaha kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan dari segi keuntungan. Namun terkadang kita sebagai usahawan yang ingin memulai bisnis kuliner bingung memilih jenis usaha kuliner yang paling laku. Oleh sebab itu perlu kiranya kita mencari tahu apa saja jenis usaha kuliner yang saat ini memiliki pangsa pasar bagus.

Usaha kuliner yang paling laku, tidak hanya berdasarkan pada jenis makanan yang dijual, namun juga dipengaruhi oleh cara penyajian. Jika kita ingin membuka usaha kuliner dengan modal besar, tentu pilihan jenis usaha kuliner yang dapat kita jadikan pilihan adalah warung makan, restoran atau cafe. Dimana ketiga jenis usaha tersebut memerlukan lokasi dan tempat yang strategis dalam menunjang berkembang nya usaha kuliner tersebut.

Namun jika modal yang kita siapkan tidaklah dapat dikatakan besar, maka jenis usaha kuliner yang paling laku dapat kita alihkan ke jenis jajanan yang murah meriah. Nah berbicara jenis jajanan murah dan laku, tentu tak dapat dilepaskan dari faktor pemilihan jenis kuliner, apakah itu diproses menggunakan minyak goreng, direbus atau menggunakan panggangan. Selain itu kita harus menjaga higenitas dari produk kuliner kita. Sehingga menjaga kepuasan konsumen dan dapat meningkatkan popularitas dimata mereka.

Selain itu adanya inovasi yang kita terapkan pada jenis kuliner yang kita jual, setidaknya akan memberikan pembeda dari jenis usaha kuliner yang sama. Hal ini jugalah yang menjadi ciri khas usaha kuliner yang kita bangun. Sehingga branding jangka panjang dapat berhasil. Inovasi dapat berupa tambahan resep, adanya bahan pembeda serta pemberian nama yang tidak lazim. Ide-ide inilah yang menjadikan usaha-usaha kuliner yang telah sukses sebelumnya menjadi seperti sekarang.

Nah jika anda sudah memiliki modal dan sedang mencari jenis usaha kuliner yang paling laku untuk dijadikan usaha. Maka yangpaling.com mencoba menghadirkan 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dan mungkin dapat menjadi referensi bagi anda dalam menentukan usaha kuliner mana yang cocok anda bangun sebagai bisnis pribadi.

  1. 1 Martabak Mini Jenis Usaha Kuliner Yang Laku di Kalangan Anak Sekolahan Hingga Orang Dewasa

    Credit

    Peluang Usaha Kuliner Makanan Martabak Mini saat ini sudah menjadi incaran jajanan anak sekolah. Bahkan sejak lama telah banyak usaha martabak mini yang merambah mall dan pusat toko modern. Hal ini dikarenakan keunikan kuliner yang satu ini, dimana berbentuk seperti martabak manis, namun dengan ukuran mini atau kecil layaknya kue.

    Harga murah dengan rasa nikmat yang ditawarkan, membuat martabak mini menjadi salah satu jenis usaha kuliner yang laku dikalangan anak sekolah dan remaja. Varian rasa yang ditawarkan juga cukup lengkap, mulai dari rasa coklat kacang, keju susu, hingga rasa durian yang khas.

  2. 2 Tahu Bulat Jenis Usaha Kuliner Yang Paling Laku Saat ini

    Credit

    Jajanan Tahu Bulat dapat dikatakan belum lama hadir menghiasi deretan usaha kuliner nusantara. Menggunakan bahan utama dari tahu, makanan ini menjadi populer karena telah sering menghiasi layar kaca dirumah. Terkadang dijadikan sebagai objek berita dan sebagai tema dalam reality show di tv. Faktor ini yang menjadi salah satu penyebab populernya kuliner tahu bulat.

    Tidak dapat dipungkiri, rasa khas tahu yang menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia membuat kuliner ini mendapat tempat dihati para pecinta kuliner. Oleh sebab itu, jenis usaha kuliner ini menjadi yang paling laku saat ini. Bahkan dikutip dari sebuah media, bahwa omset yang dihasilkan oleh seoarng penjual tahu bulat dapat mencapai 500 ribu rupiah dalam sehari.

  3. 3 Cilok Jenis Kuliner Laku Dan Laris Manis Di Kalangan Anak Sekolah

    Credit

    Jenis Usaha Kuliner Cilok dapat dikatakan yang terbesar penyebarannya. Bagaimana tidak, hampir di setiap pintu gerbang sekolah dasar umum ditemukan para pedagan cilok menjajakan kuliner ini. Selain karena praktis pembuatan nya, cilok juga digemari karena berbentuk gorengan dengan sambal kacang  atau kecap sebagai cocolannya!

    Cilok merupakan kuliner sederhana yang terbuat dari tepung singkong sebagai bahan utama. Singkong adalah tanaman yang mudah ditemukan pada hampir seluruh wilayah di Indonesia, sehingga memilih cilok sebagai usaha kuliner anda tentu tidak akan menyulitkan menemukan bahan dasar usaha ini. Salah satu hal yang membuat cilok menjadi usaha kuliner yang paling masif menjamur di Indonesia.

  4. 4 Pempek Jenis Usaha Kuliner Paling Laku Khas Daerah Palembang

    Credit

    Siapa yang tidak kenal dengan Pempek, jenis kuliner yang menjadi favorit banyak orang Indoensia. Sekalipun kuliner ini berasal dari palembang, namun penyebaran usaha kuliner ini merambah hingga pelosok Indonesia Timur. Selain karena kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan dengan cita rasa asam manis pedas. Pempek juga digemari karena bahan utamanya adalah ikan.

    Seperti kita ketahui, bahwa wilayah Indoensia 75% terdiri dari lautan, sehingga bahan dasar utama pempek sangat mudah ditemukan. Selain itu dibeberapa wilayah yang tidak berbatasan dengan laut, disokong oleh keberadaan sungai-sungai besar pengahasil ikan air tawar, yang dapat dijadikan bahan pengganti ikan laut untuk diolah menjadi kuliner pempek.

  5. 5 Cireng Jenis Usaha Kuliner Yang Sedang Populer dan Unik

    Credit

    Sekalipun jenis kuliner cireng belum banyak tersebar di luar pulau jawa, namun umumnya mereka yang berasal dari Jawa pasti tidak asing dengan jenis kuliner yang satu ini. Makanan ini jenis gorengan dengan variasi isian dari berbagai pilihan rasa. Selain diisi dengan olahan ayam, dapat juga di variasikan dengan isian keju atau daging sapi.

    Cireng sekalipun asing terdengar, namun tidak asing dilidah orang Indonesia. Itu karena yang namanya jenis gorengan tentu sangat mudah dijual kepada konsumen orang Indonesia. apalagi dengan harga yang relatif murah, tentu dapat menjadi salah satu pilihan anda dalam memilih jenis usaha kuliner cireng sebagai usaha.

  6. 6 Seblak Jenis Usaha Kuliner Laku Khas Daerah Bandung dengan Modal Kecil

    Credit

    Sama halnya dengan cireng, Seblak juga hanya umum ditemukan di daerah jawa khususnya jawa barat. Namun belakangan seblak menjadi populer karena sering diangkat oleh beberapa vloger youtube asal bandung di video mereka. Sekilas terlihat aneh, sebab makanan ini adalah jenis kerupuk berwarna oranye yang disiram air layaknya mie instan. Setelah itu direbus dan dicampur dengan bumbu pelengkap lainnya.

    Namun jangan salah, kenikmatan seblak justru karena hasil rebusan dengan bumbu tadi, sehingga bagi mereka yang pertama kali makan seblak, dijamin akan ketagihan untuk mencoba lagi. Usaha kuliner seblak mulai menjamur keluar Jawa Barat setelah banyaknya video di youtube yang menampilkan makanan ini. Sehingga anda tak perlu khawatir untuk memulai usaha kuliner seblak bahwa akan sepi pembeli, sebab marketing di internet sudah berjalan sebelum anda memulai usaha.

  7. 7 Pisang Cokelat Usaha Kuliner Paling Laku dengan Modal Kecil

    Credit

    Dari namanya kita sudah pasti mengetahui jenis kuliner yang satu ini. Pisang Cokelat adalah perpaduan antara pisang dan taburan cokelat meses. Selain itu dapat juga di variasikan dengan campuran keju. Makanan ini mudah ditemui dipersimpangan jalan komplek atau perumahan.

    Biasanya makanan yang dikenal dengan sebutan "piscok" ini menjadi pilihan cemilan sepulang ngantor. Dinikmati bersama dengan segelas teh hangat atau kopi panas, menjadikan pisang coklat salah satu favorit kuliner rumahan.

    Sebagai negara tropis Indonesia adalah surganya tanaman yang satu ini. Sehingga bagi anda yang ingin memulai jenis usaha kuliner pisang coklat, tak perlu khawatir akan suplai bahan baku. Selain itu modal yang dibutuhkan jenis usaha kuliner ini juga tidak tergolong besar.

  8. 8 Roti Bakar Jenis Usaha Kuliner Paling Laku dan Menguntungkan

    Credit

    Roti bakar adalah pilihan lain dalam daftar jenis usaha kuliner yang dapat anda mulai. Selain bahan utama dari roti tawar yang mudah ditemukan, kuliner ini juga tidak membutuhkan keahlian khusus dalam mengolah nya. Hanya dibutukan alat pemanggang roti dan bahan dasar berupa roti dan isian.

    Umumnya di wilayah Indonesia Timur, usaha roti bakar dibelakang namanya menggandeng nama "Bandung" sebagai barnding usaha mereka. Entah karena jenis usaha kuliner ini berawal dari kota kembang, atau naman Bandung sudah menjadi trademark usaha ini.

    Yang jelas, jenis kuliner ini tidak pernah sepi pembeli. Sebab umumnya roti bakar memiliki rasa yang gurih dan nikmat, apalagi jika dipadukan dengan isian dari berbagai varian rasa. Jadi tertarik untuk memulai jenis usaha kuliner ini?

  9. 9 Bakpao Jenis Usaha Kuliner Laku dan Menjanjikan

    Credit

    Sekalipun jenis usaha kuliner Bakpao bukan asli makanan Indonesia. Namun menariknya, makanan ini laris manis di kalangan penikmat jajanan kuliner. Dijual umumnya pada sore hingga malam hari, para pedagang bakpao tidak pernah sepi pembeli.

    Rasanya yang khas roti kukus, dipadukan dengan isian daging sapi atau ayam, menjadikan bakpau sebagai cemilan yang mengenyangkan. Hal ini yang mendorong para pengusaha kuliner bakpao untuk terus berkreasi menciptakan berbagai variasi rasa kuliner yang satu ini.

    Sekalipun tidak seperti jajanan khas Indonesia lainnya, yang kebanyakan digoreng atau dibakar, namun bakpao mendapat tempat tersendiri di hati para penikmat kuliner jalanan. Hal ini pula yang menjadi dasar, bakpao adalah salah satu jenis usaha kuliner laku yang dapat anda pilih.

  10. 10 Cemilan Singkong Keju Jenis Usaha Kuliner Laku Bahan Mudah dan Sehat

    Credit

    Awalnya jenis usaha kuliner singkong banyak yang pesimis, sebab sebagai negara penghasil singkong, masyarakat Indoensia sudah umum mengolah singkong sebagai makanan cemilan atau utama dirumah. Sehingga awal usaha ini berdiri, banyak pengusaha yang pesimis dagang singkong sebagai cemilan akan laku!

    Namun siapa sangka, sekalipun kita dengan mudah dapat mengolah sendiri singkong sebagai cemilan, namun dengan kreasi kuliner, cemilan singkong keju mendapat minat yang luar biasa dari para penikmat kuliner jalanan.

    Tidak seperti pada umumnya, mengolah kuliner singkong keju tentu dengan sedikit resep khusus. Sebelum digoreng, biasanya singkong dikukus terlebih dahulu untuk mendapatkan tekstur lembut namun renyah saat digoreng nanti. Pada saat dikukus juga biasanya ada campuran rempah pada air rebusan, sehingga meresap masuk kedalam singkong. Tidak lupa resep sambal juga menjadi pembeda setiap penjual makanan ini. Sehingga para pembeli merasa ada rasa khas setiap mereka menikmati cemilan singkong keju ini.

    Nah itu tadi 10 Jenis Usaha Kuliner Yang Paling Laku pilihan kami. Namun tidak menutup bahwa masih banyak daftar lain jenis kuliner yang dapat anda pilih untuk memulai usaha kuliner anda. Apapun itu, kami berharap usaha anda lancar dan sukses serta dapat berkembang sebagai usaha kuliner yang paling laku. Ingat bahwa untuk memulai sebuah usaha kuliner, diperlukan perencanaan yang matang, pemilihan lokasi, ketersediaan bahan baku yang mudah, serta ditopang oleh finansial yang cukup, sebelum usaha anda menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan.

What's Your Reaction?

marah marah
1
marah
benci benci
0
benci
suka suka
1
suka
sedih sedih
0
sedih
wow wow
0
wow
senang senang
0
senang
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals