8 Musibah Bencana Alam Yang Paling Memilukan Sepanjang 2016

Agar kita ingat kuasa Illahi!


Dalam setahun belakangan ini, banyak musibah bencana alam yang terjadi di Indonesia. Tak hanya mengundang perhatian masyarakat dunia, tetapi banyak juga yang membuat hati kita menangis. Musibah yang menimpa negeri ini memang berdampak duka bagi kita semua.

Namun dibalik kesedihan, terdapat hikmah yang dapat dipetik dalam setiap kejadian. Semua warga di seluruh Indonesia tergerak untuk mengulurkan tangan, membantu baik menyumbang secara materi maupun terjun menjadi relawan di titik bencana alam untuk membantu proses evakuasi korban dan pemulihan bencana. Diantaranya juga membuat kita yang terhindar dari musibah ini dapat mengevaluasi diri dan berkaca pada diri sendiri bahwa musibah bisa datang kapan saja. Hikmahnya selain kita tergerak untuk mempersiapkan bencana terjadi, mempelajari tanda-tanda bahaya akan datang serta belajar cara evakuasi, kita juga makin tergerak agar memperbaiki amal baik kita sehingga kelak jika pada saatnya kita kembali kepada Nya, maka ada amal baik yang akan kita bawa. Berikut ini beberapa musibah bencana alam yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2016 yang dapat kita petik hikmahnya.

1. Gempa Aceh

liputan6.com

Aceh kembali dilanda gempa bumi yang terjadi pada pukul 05.03 pagi tanggal 7 Desember 2016. BMKG mengumumkan bahwa titik lokasi gempa berada pada 5,25 LU dan 96,24 Bujur Timur dengan kekuatan 6,5 SR. Namun, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Peristiwa tersebut telah mengakibatkan sejumlah bangunan roboh, sementara jumlah korban terus bertambah. Beberapa daerah sekitar titik gempa mengalami kerusakan parah, diantaranya adalah Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen.

2. Erupsi Gunung Sinabung

harianindo.com

Gunung Sinabung pada tahun ini sempat beberapa kali meluncurkan awan panas. Aktivitaster-aktif yang tercatatterakhirterjadi pada tanggal 6 November 2016,yakniGunung Sinabung kembali erupsi dan memuntahkan awan panas setinggi 1500 m. Peluncuran awan panas sejauh 700 m mengarah ke sektor tenggara timur. Sementara itu, aktivitas gempaGunung Sinabung juga belum menunjukkan penurunan sehingga membuat Gunung Sinabung dalam kondisi level tertinggi atau awas.

3. Gempa Jogja

gopena.com

Gempa cukup keras terasa di wilayah Jogja pada hariJumat, tanggal 18 November 2016 lalu. Gempa tersebut berlangsung singkat antara 3—5 detik. Titik gempa berada di barat daya Gunung Kidul dan berkekuatan 5,3 SR. Gempa ini mengingatkan warga Jogja dengan apa yang terjadi pada tahun 2006 lalu.

4. Banjir Garut

kriminalitas.com

Banjir bandang yang menerjangKabupaten Garut pada tanggal 21 September 2016 dini hari ini sangat mengerikan. Kawasan yang dilanda banjir bandang tersebut adalah kawasan padat penduduk. Air yang menerjang digambarkan bak tsunami, arusnya besar dan berkecepatan tinggi. Dilaporkan oleh media berita bahwa bencana alam banjir ini membawa banyak korban berjatuhan.

5. Banjir Pasteur

inilahkoran.com

Kota kembang Bandung pun turut tertimpa musibah bencana alam. Terjadi pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2016, Kota Bandung diguyur hujan yang sangat deras dari siang hari sehingga membuat Jalan Pasteur berubah menjadi luapan air bak sungai. Menurut Bina Marga Kota Bandung, hujan terlalu besar mengakibatkan sungai tidak bisa menampung air lagi. Selain itu, drainase di kawasan Pasteur yang buruk juga dinilai menjadi penyebab banjir tersebut. Meski tak banyak korban jiwa, namun warga mengalami kerugian materil akibat bencana ini.

6. Angin Puting Beliung Pangandaran

liputan6.com

Angin puting beliung menyapu wilayah Kabupaten Pangandaran pada hari Rabu, 12 Oktober 2016. Ratusan rumah di Kecamatan Parigi mengalami kerusakan. Sementara itu, satu jiwa melayang diduga tewas tersambar petir.

7. Banjir dan Longsor Jawa Tengah

geotek.lipi.go.id

Jawa Tengah juga dirundung bencana pada 16 daerah Jawa Tengah pada Juni lalu. Terdapat, 24 jiwa tewas dan 26 jiwa dinyatakan hilang karena kejadian tersebut. Ribuan rumah juga hancur diterjang banjir dan tertimbun longsor.

8. Banjir Bima

pojoksatu.id

Kota Bima, Nusa Tenggara Barat diterjangbanjirdua kali, yaknipadatanggal 20 dan 23 Desember 2016. Luapan air yang tingg membuat ribuan rumah penduduk terendam banjir bandang. Bahkan beberapa jembatan dilaporkan nyaris ambruk. Laporan media pemberitaan terakhir, ratusan korban banjir kini mengungsi di beberapa titik aman di kota Bima.

What's Your Reaction?

marah marah
0
marah
benci benci
0
benci
suka suka
0
suka
sedih sedih
0
sedih
wow wow
0
wow
senang senang
0
senang
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals