7 Kata Asing Dengan Makna Yang Paling Dalam Di Dunia

Kalau di Indonesia jauh lebih banyak!


Apakah anda fasih dalam menguasai sebuah bahasa asing? Pernahkah anda menemukan sebuah kata yang sulit diterjemahkan kedalam sebuah kata di Bahasa Indonesia karena maknanya yang kelewat dalam? Berikut adalah 7 kata asing dengan makna yang paling dalam di dunia. Saking dalamnya, anda pasti dibuat terpana dan kehabisan kata-kata olehnya.

  1. 1 Commuovere

    Credit

    Bahasa Italia yang satu ini memiliki arti ‘sangat menyentuh’. Dan ketika orang-orang Italia mengucapkannya, mereka benar-benar tidak main-main. Commuovere dapat berarti ‘aku sangat tersentuh sampai tidak bisa berkata-kata, setetes air mata bergulir di pipiku dan hatiku dipenuhi dengan kehangatan’. Pas sekali dipakai untuk momen-momen berarti dengan orang-orang yang spesial di hati anda.

  2. 2 Tsundoku

    Credit

    Tsundoku yang berasal dari kosakata Jepang ini berarti ‘sebuah atau setumpukan buku yang tak pernah dibaca oleh pemiliknya’. Buku-buku ini hanya teronggok menyedihkan di sudut gelap sebuah ruangan tanpa pernah melihat sinar matahari. Jangan sampai anda tsundoku dengan buku-buku yang anda miliki ya.

  3. 3 Mangata

    Credit

    Pernahkah anda berada di tepian sebuah danau di malam hari dan mengagumi betapa indahnya pantulan sang rembulan di air danau yang tenang? Suasana begitu damai dan bulan terlihat amat cantik. Jika tengah berada di Swedia, anda boleh bergumam, “Mangata.” Karena ‘mangata’ berarti ‘indah sekali pantulan bulan di air danau yang tenang’.

  4. 4 Luftmensch

    Credit

    Orang Indonesia punya kebiasaan mengatakan, “Hati-hati kesambet” kepada mereka yang suka melamun. Beda halnya dengan orang Yahudi. Mereka kerap mengatakan ‘Luftmensch’ kepada orang-orang yang hobi berangan-angan terlalu lama.

  5. 5 Komorebi

    Credit

    Satu lagi kosakata yang unik dalam Bahasa Jepang, ‘komorebi’ dapat berarti ‘terangnya membutakan mata selama beberapa saat namun setelahnya kau akan dibuat terpana oleh keindahannya’. Bisakah anda menebak untuk apakah kata yang satu ini biasanya dipakai? Benar sekali, ‘komorebi’ biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sinar matahari, terutama di pagi hari.

  6. 6 Kilig

    Credit

    Berasal dari Bahasa Tagalog yang umum dipergunakan oleh para penduduk Filipina, ‘kilig’ menggambarkan perasaan seseorang yang tengah mabuk kepayang sampai tidak dapat berhenti tersenyum, mengalami jantung jumpalitan dan berdebar-debar, juga merasa tubuh seperti dialiri oleh setrum saat bertemu dengan sang pujaan hati.

  7. 7 Saudade

    Credit

    Kata Portugis yang satu ini memiliki makna yang sangat romantis sekaligus tragis. Apakah anda familiar dengan rasa kerinduan yang amat mendalam pada seseorang yang telah pergi dari kehidupan anda? Orang ini bisa siapa saja. Kekasih di masa lalu, anggota keluarga yang telah meninggal, atau sahabat lama yang keberadaannya tidak anda ketahui. Ketika merindukan mereka, anda dapat mengatakan, “Saudade.” Makna kata yang satu ini sangat melankolis dan dalam.

What's Your Reaction?

marah marah
0
marah
benci benci
0
benci
suka suka
0
suka
sedih sedih
0
sedih
wow wow
2
wow
senang senang
0
senang
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals